Belajar Dengan Rumah Belajar   Leave a comment

Salah satu konsep pembelajaran jaman sekarang adalah pembeljaran yang tidak di batasi oleh ruang dan waktu. Kemajuan teknologi informasi menjadi salah satu alasan mengapa konsep tersebut menjadi benar adanya. Kemudahan akses internet bagi masyarakat luas menjadikan informasi seolah berada dalam genggaman mereka.

Salah satu contohnya adalah penggunaan berbagai media sosial seperti facebook, instagram, Path, Whats Up, Telegram dan lainnya seolah menjadi bagian gaya hidup yang tidak terpisahkan dalam kehidupan keseharian. Perkembangan tersebut jelas mempengaruhi terhadap kegiatan pembelajaran di sekolah. Media kegiatannya tidak melulu hanya dilakukan secara “off line” tetapi juga dengan “on line”.

dengan banyaknya portal/website/webblog yang beredar di dunia maya, guru tentunya harus dapat merekomendasikan salah satu portal yang dapat dipercaya dimana pengelola/pembuatnya adalah perseorangan atau pribadi yang “cocern” terhadap dunia pendidikan

Salah satu portal yang recomended yaitu portal belajar.kemdikbud.go.id/Dashboard/ dimana pengelolanya adalah dari kemendikbud itu sendiri. Dalam portal ini banyak sekali fitur fitur utama yang menunjang pembelajaran, yaitu ada Sumber Belajar, Buku sekolah Elektronik, laboraturium maya, Peta Budaya, wahana Jelajah Angkasa, PKB dan Kelas Maya. Untuk lebih lanjut silahkan klik tautan diatas. Selamat mencoba

Posted 15 Mei 2018 by Edi Sutriyono in World of Hospitality

KUNJUNGAN INDUSTRI 2013 Jurusan UPW   1 comment

  1. Laporan Kunjungan Industri UPW 2013
    Laporan Kunjungan Industri UPW 2013 oleh Saramitha Kharisma Adella Kelas X UPW 1

    Laporan Kunjungan Industri UPW 2013 oleh Saramitha Kharisma Adella Kelas X UPW 1

    Perkebunan Teh Tambi

Lahan Teh Tambi dulunya adalah perkebunan milik pemerintah Hindia Belanda yang ditanami dengan pohon Kina. Kemudian pemerintah Hindia Belanda membagi lahan tersebut untuk ditanami 2 jenis pohon atau tumbuhan yaitu pohon kina dan teh. Hal itu terjadi pada tahun 1865.Perkebunan teh dan kina  tersebut dikerjakan oleh para buruh di Indonesia yang diberi upah sangat minim dan hasil dari perkebunan tersebut di bawa ke belanda untuk diolah.Perkebunan tersebut dikelola oleh kongsi dagang VOC yang memantau daerah dieng,Jawa.

Pada tahun 1867 , Kongsi dagang VOC mengalami kebangkrutan atau gulung tikar yang dikarenaka para pegawai belnda yang menjabat banyak yang melakukan korupsi, oleh karena itu kantong dana VOC mengalami penurunan yang signifikan, sehingga untuk menyelamatkan kondisi tersebut pemerintah Hidia Belanda menjual perkebunan teh dan kina tersebut kepada Sindoro Sumbing yang bekerja sama dengan Pemda Tambi.Kemdian keduanya membangun  perkebunan tersebut secara bersama, tetapi masih menerapkan system perkebunan yang telah lama dijalankan oleh pemerintah Hindia Belanda.Dan dengan pembagian saham sebesar maing-masing 50%, perkebunan tersebut diberi nama Perkeunan Teh Tambi.

Pada era sekarang ini, perkebunan teh Tambi dijual ke Indo Global Galang Pamitra (IGP) Provinsi Jawa Tengah dan sudah dikelola sedemikian hebat sehingga mampu menjadi pemasok teh besar di daerah JawaTengah dan telah memasok teh siap olah kebeberapa perusahaan minuman teh yang besar di Negara Indonesia.

 Letak Geografis Perkebunan

Perkebunan teh Tambi terletak 16 km sebelah utara Kota Wonosobo dengan ketinggian 1350 m diatas permukaan laut dan memiliki suhu rata-rata 160C-280C.Luas perkebunan teh Tambi ini adalah kurang lebih 1,89 Ha.

Dengan suhu dan ketinggian tersebut, daerah perkebunan teh Tambi adalah kawasan yang sangat sejuk, bahkan digin sehingga cocok atau sesuai sebagai tempat perkebunan yang tentu saja memperhatikan mengenai pertumbuhan dan perkembangbiakan teh.Selain pekebunan teh yang mengolahan menghasilkan produk sendiri, perkebunan ini juga merupakan agrowisata yang menerima kunjungan wisata baik dari wisatawan domestic maupun mancanegara.

Suasana yang nyaman, tenang, asri, damai, dan sejuk merupakan ciri khas dari perkebunan teh ini.Untuk menuju kesana / perkebunan teh Tambi yang berada di ketinggian 1350 m diatas permukaan laut, wisatawan tidak dapat menggunakan alat transportasi yang lebih kecil seperti local transport di daerah dieng antara lain micro bus,angkot atau sejenisnya yang berukuran setara.

Jalan menuju perkebunan teh Tambi sangat berkelok-kelok layaknya perjalanan menuju pegunungan.Kabut tebal sering sekali turun sehingga menutupi pemandangan dan membuat udara semakin dingin.Selain karena jalan terlalu sempit sehingga tidak dapat dilewati oleh big bus, penggnaan micro bus dilakukan untuk memperdayakan penggunaan local transport seperti microbus

Penanaman Teh

Di perkebunan teh Tambi dataran tinggi dieng ini, tanaman the tambi telah ditanam sejak 1865 oleh pemerintah Hindia Belanda dan diperkirakan usia tanaman the yang ada di perkebunan teh tambi kurang lebih berusia 100 tahun.Perkebunan teh ini jarang melakukan reboisasi terhadap tanaman tehnya. Hal ini dikarenakan 80%-90% tanaman teh di perkebunan ini masih sangat produktif untuk dipetik.Tetapi sudah 5-6 kali mengadakan reboisasi terhadap tanaman teh ini dalam jangka waktu 100 tahun ini.Reboisasi sendiri dilakukan karena atu lahan tanaman teh dirasa sudah kurang produktiv kemudian di bongkar dan ditanami tanaman teh yang baru.

Dipekebunan teh Tambi terdapat 12 jenis teh Kamilia Sinensis Induk The yang saling disilagkan ke 12 jenis the. Kamilia Sinensis Induk The ini berasal dari India, Cina, dan Indonesia.Negara India memiliki jenis teh antara lain, Teh asam nika kemudian Cina memiliki jenis teh Sinensia dan Indonesia memiliki jenis teh Kiara.

Kemudian ke 12 jenis teh tersebut disilangkan dan terbentuk gamet teh baru atau jenis teh baru seperti: Kiara 8, TRI 2025, TRI 2024, Gambung 1-7, Pasir Saragge dan jenis yang lain yang telah diteliti oleh Riset Institude.

Di perkebunan teh tambi di tanam pula pohon saman dan abasia yang berguna sebagai pelindung karena tanaman teh tidak tahan terhadap panas di musim kemarau.Pohon ini ditanam dipinggiran atau disela-sela tanaman teh, sehingga tidak mengganggu pertumbuhan teh itu sendiri.

  • Perawatan Teh

Perkebunan teh Tambi merupakan perkebunan yang besar sehingga hasil panen yang bermutu sangat diharapkan.Hasil panen yang baik dipengaruhi oleh perawatan tanaman teh.Dalam merawat tanaman teh, perkebunan ini menerapkan system organic untuk menjaga hasil teh agar selalu berkualitas. Perkebunan ini memanfaatkan kotoran ternak,sampah organic di perkebunan teh, dan daun-daun kering untuk dijadikan pupuk pada tanaman teh tersebut.

Ketika tanaman teh terserang hama, pihak perkebunan teh membasmi hama tersebut secara manual dengan memantau atau menyetabilkan perkembangbiakan hama tersebut.Sehingga tanpa bahan kimia dalam perawatan teh, kualitas daun teh akan semakin terjaga.

  • Pemetikan Teh

Pemetikan atau pemanenan teh dilalukan pada musim panen biasanya periode 3 bulan sekali.Dau teh yang dipetik adalah pucuk daun teh yaitu antara pucuk utama yang terletak paling atas hingga tiga helai daun ke bawah.Pemetikan daun teh di perkebunan teh tambi dilakukan oleh para buruh pemetik kurang lebi berjumlah 30 orang dan dapat menghasilkan 70 ton-80 ton daun teh basah setiap harinya.

Di Perkebunan teh tambi sendiri terdapat 3 unit perkebunan yang dikelola dalam satu management.

Pemetikan daun teh sendiri dilakukan dengan tiga cara yaitu :

  1. Manual

Yaitu memetik 3 daun pucuk dengan menggunakan tangan dengan cara ibu jari dan jari telunjuk tengkurap kemudian memetik ditarik keatas dan dipatahkan.

  1. Semi Mekanis

Yaitu pemetikan daun teh dengan menggunakan gunting rumput yang dipegang oleh pemetik teh. Gunting tersebut berbentuk seperti gunting rumput tetapi memiliki tempurung.

  1. Full Mekanis

Yaitu pemetikan daun teh menggunakan mesin sepenuhnya

Hasil pemetikan akan dikumpulkan disebuah karung khusus teh berukuran besar dan selanjutnya dibawa ke pabrik untuk pengolahan hingga menjadi teh kering

 Proses Pengolahan

A. Proses Pengolahan Teh Hijau (Green tea)

1)      Proses Pelayuan

Proses pelayuan adalah proses melayukan daun-daun teh pada karpet yang berjalan di atas mesin berukuran panjang dan dilakukan kurang lebih 16 jam – 18 jam dengan dialiri udara segar (CO2).Daun-daun tersebut dialiri udara segar dengan suhu 260C dan setiap 6 jam sekali dibalik agar launya daun merata hampir 50%.Tujuan dari proses ini adalah untuk mengurangi kadar air pada daun teh hingga 48%-50% secara merata agar konsentrasi polifenol dan enzim meningkat.

2)       Proses Penggulungan

Proses penggulungan adalah menggulung daun teh agar terbentuk partikel teh. Partikel teh tersebut berbentuk gulungan kecil antara 1 cm-2 cm.Proses ini berlangsung selama 45 menit dan dikerjakan oleh mesin

3)      Proses Fermenasi

Proses Fermetasi adalah proses merubah aroma, rasa, dan warna dengan cara mengioptimalkan enzim yang terkandung pada teh yaitu enzim polifenol.Proses ini memakan waktu hingga 2 jam hingga aroma, rasa, dan warna benar-benar terbentuk seperti yang diinginkan atau maksimal.Proses ini membutuhkan kelembapan hingga 90% dengan suhu mencapai 210C.

4)      Proses Pengeringan

Proses pengeringan adalah proses memanaskan hasil teh fermentasi ke dalam mesin dengan suhu masuk yang tinggi yaitu 950C-1000C selama kurang lebih 25 menit dan suhu keluar adalah 400C-500C. Seteh proses pengeringan ini kadar air pada teh harus tinggal 3% saja dengan tujuan mencegah berkembangnya jamur dan bakteri sehingga teh tetap berkualitas baik dan tidak busuk.Namun apabila kadar air kurang dari 3% maka teh akan berwarna sangat pekat, beraroma gosong, dan berasa pahit.

5)      Proses Sterilisasi

Proses sterilisasi atau proses pemisahan adalah memisahkan jenis teh berdasarkan kandungan serat atau ukuran partikel yang ada pada teh.Setelah diketahui jenis teh tersebut, teh akan di kemas dengan takaran tertentu.

B. Proses Pengolahan The Hitam (Black Tea)

1)      Proses Pelayuan

Proses pelayuan adalah proses melayukan daun-daun teh pada karpet yang berjalan di atas mesin berukuran panjang dan dilakukan kurang lebih 16 jam – 18 jam dengan dialiri udara segar (CO2).Daun-daun tersebut dialiri udara segar dengan suhu 260C dan setiap 6 jam sekali dibalik agar launya daun merata hampir 50%.Tujuan dari proses ini adalah untuk mengurangi kadar air pada daun teh hingga 48%-50% secara merata agar konsentrasi polifenol dan enzim meningkat.

2)       Proses Penggulungan

Proses penggulungan adalah menggulung daun the agar terbentuk partikel teh.Partikel the tersebuberbentuk guungan kecil antar 1 cm-2 cm.Proses ini berlanung selama 45 menit dan dikerjakan oleh mesin

3)      Proses Fermenasi

Proses Fermetasi adalah proses merubah aroma, rasa, dan warna ngan cara mengioptimalkan enzim yang terkandung pada the yaitu enzim polifenol.Proses ini memakan waktu hingga 2 jam hingga aroma, rasa, dan warna benar-benar terbentuk seperti yang diinginkan atau maksimal.Proses ini membutuhkan kelembapan hingga 90% dengan suhu mencapai 210C.

4)      Proses Pengeringan

Proses pengeringan adalah proses memanaskan hasil the fermentasi ke dalam mesin dengan suhu masuk yang tinggi yaitu 950C-1000C selama kurang lebih 25 menit dan suhu keluar adalah 400C-500C. Setelah proses pengeringan ini kadar air pada teh harus tinggal 3% saja dengan tujuan mencegah berkembangnya jamur dan bakteri sehingga teh tetap berkualitas baik dan tidak busuk. Namun apabila kadar air kurang dari 3% maka teh akan berwarna sangat pekat, beraroma gosong, dan berasa pahit.

5)      Proses Sterilisasi

Proses sterilisasi atau proses pemisahan adalah memisahkan jenis teh berdasarkan kandugan serat atau ukuran partikel yang ada pada teh.Setelah diketahui jenis teh tersebut, teh akan di kemas dengan takaran tertentu.

Jenis-Jenis Teh

Setelah proses pengolahan selesai, maka akan diketahui jenis produk teh yang dihasilkan.PT Tambi membagi hasil pengolahan tersebut menjadi 3 grade, antara lain :

  • Grade I

Broken Orange Pekoe (BOP)

Broken Orange Pekoe Fanning (BOPF)

Pekoe Fanning (PF)

DUST

Broken Pekoe (BP)

Broken Mixed (BM).

  • Grade II

Pekoe Fanning (PF) II

DUST II

Broken Pekoe (BP) II

BT II.

  • Grade III

 Broken Mixed (BM) II

 BBL

 BTL

 DUST III.

        Tetapi secara umum jenis teh hanya terdiri dari teh hijau (green tea) dan teh hitam (black tea).

Pengemasan Teh

Produk Teh Tambi yang dipasarkan didalam negeri mempunyai kemasan kemasan yang berbeda dengan kemasan teh yang dipasarkan dimancanegara.Produk teh Tambi ini lebih dikenal oleh masyarakatsebagai teh yang memiliki khasiat obat dibandingkan dengan teh-teh biasa sebagai minuman sehari-hari.

Kemasan produk teh tambi dikemas menjadi beberapa takaran, antara lain :

  • Cap Petruk 200 g
  • Cap Cakil 100 g
  • Cap Cakil 250 g
  • Cap Gunung 100 g
  • Pecco Shouchon 125 g
  • Pecco Shouchon 250 g
  • Broken Orange Pecco 200 g
  • Broken Orange Pecco 400 g
  • Tea bag atau the celup

 Proses Pengujian Kualitas

Sebelum memasuki proses pengemasan, teh harus melewati proses uji kualitas dan uji kandungan zat yang terkandung pada hasil pengolahan teh.Pengujian kualitas ini dilakukan di sebuah ruangan khusus yang disebut ruang Tester.

Banyak sekali peraturan dan SOP (Standart Operating system) dari proses pengujian kualitas teh ini. Sebelum petugas memulai melakukan uji kualitas, petugas harus melakukan cuci tangan dengan prosedur yang benar, antara lain:

  1. Cuci tangan dengan air bersih
  2. Gunakan abun antiseptic
  3. Bilas dengan air bersih
  4. Keringkan dengan lap
  5. Gunakan cairan antiseptic

Ruangan ini adalah ruangan yang sterill, baik dari suhu ruangan, alat-alat untuk pengujian maupun petugas yang akan menguji kualitas the.Alat-alat yang digunakan antara lain :

–          Cawan

–          Cangkir

–          Pipet bening

–          Gelas ukur

–          Neraca

–          Chop sample

–          Alat pembakar

–          Kasa steril

Cara pengujian kandungan teh atau kualitas teh yang paling sederhana adalah dengan penyeduhan teh.Tentu saja pengujian ini dilakukan oleh petugas atau karyawan yang ahli.Dari hasil seduhan antara satu jenis teh dengan yang lain akan terlihat warna seduhan yang berbeda.Dan dari pengujian tersebut maka akan di peroleh data-data sebagai berikut:

  1. Light

Warna ini muncul ketika kualitas teh dalam keadaan stabil.Ciri-cirinya adalah hasil seduhan berwarna pucat.Hal ini diakibatkan oleh proses pelayuan yang kurang lama atau proses pelayauan yang terlalu cepat.

  1. Tien

Hasil seduhan ini memiliki ciri-ciri seduhan yang berwarna tipis.

  1. Bright

Hasil seduhan ini memiliki cirri-ciri air seduhan yang berwarna segar.Air seduhan berwarna ini diperoleh bila proses pengolahan fermentasi yang sempuna.

  1. Coloury

Air seduhan yang berwarna baik, warna air seduhan dapat menjadi lebih tua bila digiling terlalu kuat, pelayuan terlalu panjang dan fermentasi terlalu lama.

  1. Cream

Endapan yang timbul bila seduhan pekat didinginkan dan ditandai dengan warna yang keruh.Creaming down ini merupakan petunjuk bahwa teh ini diolah secara baik.

  1. Dark

Thiker colour air seduhan yang mempunyai warna keruh kebalikan dari warna bright.Warna air ini tidak diinginkan, hal ini disebabkan karena adanya infeksi virus bakteri atau terlalu panas pada proses pelayuan dan proses fermentasi yang terlalu lama.

  1. Dull

Warna air seduhan yang sangat pekat, memiliki rasa pahit dan aroma seperti terbakar.

Menurut informasi dari petugas, hasil seduhan berwarna kuning keemasan (tidak terlalu pekat dan tidak terlalu keruh) memiliki rasa khas, yaitu rasa yang sepet. Rasa sepet ini terjadi karena sari-sari teh benar-benar keluar sehingga kandungan tah yang baik bagi tubuh terbentuk optimal.Hal ini bagus untuk pengobatan berbagai macam penyakit.

Teh mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi proses metabolism manusia, zat-zat yang terkandung pada teh tersebut antara lain :

  1. Kafein
  2. Tain
  3. Asam nitrat
  4. Asam tasnoat
  5. Asam oxalate
  6. Mineral: tembaga, mangun, besi
  7. Vitamin E dan Vitamin K

Proses Ditribusi

Setelah teh dikemas dalam berbagai variasi kemasan, teh ini kemudian didisribusikan atau dipasakan.Distribusi hasil produk the tambi sendiri dominan dipasarkan keluar negeri dengan prosentase antara 70% – 80%, sedangkan untuk distribusi dalam negeri hanya sekitar 20% – 30% saja.

Hal ini dikarenakan minat masyarakat dalam negeri terhadap produk teh yang memiliki khasiat herbal (memiliki kandungan untuk kesehatan) masih sangat minim.Masyarakat Indonesia masih cenderung menganggap teh adalah minuman sehari-hari yang ringan untuk dikonsumsi.Sehingga masyarakat pun lebih memilih teh dengan harga yang murah dan yang telah dikenal dikalangan mereka.Mungkin masih banyak masyarakat kita yang tidak tahu tentang produk teh tambi.

Berikut adalah beberapa Negara yang menjadi komoditi eksport atau distribusi utama produk teh PT.Tambi : U.S.A, RUSIA, HOLLAND, U.E.A, INDIA, JEPANG, INGGRIS

 Karyawan PT Tambi

a.  Karyawan 3

Adalah karyawan yang memiliki pendidikan minimal SMP/Sederajat dan mengikuti training selama 6 bulan.

Contohnya : pemetik daun teh

b.  Karyawan 2

Adalah karyawan yang memiliki pendidikan minimal SMA/SMK dan mengikuti training sekurang-kurangnya selama 6 bulan.Kedudukan yang akan di berikan adalah biasanya menjadi karyawan tetap PT.Teh Tambi.

Contohnya : Vormasi : Akutansi

                    THP      : Pabrik

c.  Karyawan 1

Adalah karyawan yang memiliki pendidikan minimal D3 Atau S1. Biasanya kedudukan yang diberikan adalah tenaga ahli professional.

Contohnya : Sarjana pertanian : Control unit kebun.

Setiap karyawan akan mendapatkan tunjangan premi dan apabila karyawan tersebut pensiun, hingga anak keturunan kedua seluruh biaya kehidupan, seperti biaya sekolah, berobat, dan biaya kesejahteraan akan ditanggung oleh PT.Teh Tambi.

Struktur Organisasi

Direktur / Direksi

Kepala Bagian kebun

KASUBAG

KASI ( umum akutansi )

Pengawas

Pekerja

 Standart Operating Procedur ( SOP )

  • Good Quality Good Price
  • Good Management Good Profit
  • Good Ethics Good Busines

Dampak Bagi Masyarakat

Peusahaan PT.Teh Tambi memberikan penghidupan baru bagi masyarakat sekitar.Sekitar 50% – 60% masyarakat sekitar Tambi merupakan karyawan yang bekerja di perusahaan PT.Teh Tambi.Keuntungan dari perkebunan ini selalu tersalurkan dengan rata, sehingga perkembangan dari perkebunan ini selalu meningkat setiap tahunnya.Beberapa tahun belakangan PT.Teh Tambi juga sudah menjadi Agrowisata kebun teh yang menerima kunjungan wisatawan baik domestic maupun mancanegara.Hal ini berpengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat sekitar.

Semoga seiring berjalannya waktu Industri teh tambi dapat terus menyerap Tenaga kerja dari masyarakat sekitar, sehingga pengangguran dapat berkurang dan kehidupan masyarakat Tambi dapat lebih terangkat kembali.

Posted 20 Maret 2013 by Edi Sutriyono in Kunjungan Industri, UPW Info

Lomba kompetensi Siswa Tingkat DIY 2012   Leave a comment

Lomba komptensi siswa tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2012 untuk rumpun pariwisata tahun 2012 dilaksanaka mulai tanggal 5 November 2012 di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Rencana pembukaan yang akan menghadirkan Gubernur DIY (Sri Sultan Hamengkubawana X) ternyata hanya menghadirkan wakil gubernur DIY. Walaupun demikian tidak mengurangi kemeriahan acara pagi hari di SMK 4 Yogyakarta dimana saat itu diawali insiden mati lampu yang membuat sedikit khawatir panitia akan kelancaran acara tersebut. Bukan hanya  itu saja hujan gerimis pada pagi hari juga menyibukkan panitia lokal untuk mengatur ulang meja  buku tamu.

Terlepas dari itu semua acara berlangsung dengan lancar yang diawali sambutan tari dari siswa dan siswi SMK N 4 Yogyakarta dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang di bawakan kelompok paduan suara SMK N 4 yogyakartapara penari dari SMK 4 Jogjakarta

 

 

Selamat berkompetensi….. jujunglah sportifitas mu… kamu menang karena bisaaaaaaa!!!! SMK bisa……

Posted 8 November 2012 by Edi Sutriyono in News Flash

Tagged with

Wakil UPW Juara Lomba Debat Bahasa Tingkat Nasional   2 comments

Wakil UPW Juara Lomba Debat Bahasa Tingkat Nasional.

Posted 10 September 2012 by Edi Sutriyono in World of Hospitality

TES UAS   Leave a comment

Kegiatan belajar mengajar tahun ajaran 2011/2012 hampir selesai, maka mulai tanggal 04 s/d 11 Juni 2012 diadakan serentak untuk kelas X dan XI.  Selain ujian untuk pelajaran normatif dan adaptif tentu juga untuk pelajaran produktif.

Ada sedikit perbedaan dengan nama-nama pelajaran yang di ujikan, khusus untuk UPW yang masuk dalam jadwal ujian adalah kompetensi yang diujikan yang berasal dari beberapa mata pelajaran. berikut ini nama kompetensi yang di ujikan beserta mata pelajaran yang didalamnya:

Kelas X

Kompetensi  :

1. Ticketing

a. Layanan reservasi jasa penerbangan udara

b. Layanan dokumen selain dokumen perjalanan udara

c. Pengoperasian sistem reservasi komputer

d. Layanan telepone

 

2. Guiding

a. Pengetahuan umum keprawisataan

b. Layanan pemanduan wisata dengan bahasa indonesia

 

3. Tour Planning

a. Layanan Informasi dan saran tentang daerah tujuan wisata

 

4 Dasar Kom Kejuruan

a. Pelayanan prima

b. K3 LH

c. PIP

 

 

Kelas XI

Kompetensi :

1. Ticketing

a. Layanan tiket penerbangan domestik

b. Layanan tiket penerbangan intenasional

2. Guiding

a. Layanan bantuan kedatangan dan keberangkatan

b. Layanan pemanduan wisata

 

3. Tour Planning

a. Pengelolaan produk dan jasa pariwisata

b. Pengelolaan administrasi

c. Pengelolaan keuangan

 

Selamat Belajar……..

Posted 7 Juni 2012 by Edi Sutriyono in UPW Info

Horeeee…. Aku Sudah Wisuda!!!!   Leave a comment

Bagi anak-anak kelas XII SMK N 4 Jogjakarta mulai bulan januari 2012 atau awal ajaran baru semester genap tahun ajaran 2011/2012 merupakan waktu dimana awal perjuangan untuk menuntaskan studinya. Dari persiapan uji kompetensi di bulan maret kemudian dilanjutkan dengan hampir setiap hari try out mata pelajaran yang di unas kan hingga harus ujian nasional pada tanggal 16 April 2012.

Hampir satu bulan mereka dibuat H2C (harap-harap cemas) menunggu pengumuman hasil ujian nasional yang di umumkan serentak pada tanggal 26 Mei 2012. Alhamdulillah berkah rahmat Allah SWT dan kerja keras semua jajaran guru mata pelajaran serta keseriusan para siswa dalam belajar, semua siswa SMK N 4 jogjakarta lulus ujian nasional.

Akhirnya pada tanggal 30 Mei 2012 diadakan pelepasan para siswa yang telah menyelesaikan studinya atau wisuda yang diikuti para siswa dan keluarga serta para guru dan karyawan SMK N 4 Jogjakarta. Selamat bagi para siswa yang telah lulus pada tahun ajaran 2011/2012.

Perjuangan belum selesai, mungkin inilah awal perjuangan untuk para siswa sekalian untuk menerapkan semua ilmu yang didapat disekolah di tengah-tengah masyarakat. Horeeeee aku sudah di wisuda!!!!!!!!

Posted 30 Mei 2012 by Edi Sutriyono in SMK N 4 Jogja

Kerja Sama SMK N 4 Jogja – Songkhla Vocational College   Leave a comment

Para tamu dan humas SMK n 4 Yk di Candi Prambanan

Dalam rangka kegiatan Sister School antara SMKN 4 Yogyakarta dengan Songkhla Vocational College/SVC ( Thailand) maka diadakan pertukaran guru dan siswa diatara kedua negara tersebut. Setelah SMK N 4 Yogyakarta mengirimkan guru dan siswanya pada bulan Desember 2011 dan sekarang giliran dari  SVC yang mengirimkan guru dan siswanya. sebagai tamu sekolah dari luar negeri SMK N 4 Yogyakarta yang dikoordinasikan oleh bagian Humas berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi mereka. Persiapan dilakukan dengan mekukan koordinasi dengan jurusan yang akan terlibat langsung dengan para tamu selama tinggal di SMK N 4 Yogyakarta.

Hari Sabtu tanggal 10 Maret 2012  dengan menggunakan penerbangan Air Asia dari Kuala Lumpur jam 13.30 wib mereka tiba di Bandara Internasional Adisucipto. Mereka berjumlah tujuh orang, terdiri dari dua guru dan lima siswa ada yang dari jurusan food and nutrition (boga), Tourism (UPW & AP) dan juga dari Art (Seni). Rencananya mereka akan tinggal dari tanggal 10 maret s/d 31 maret 2012 dan akan menginap di Edotel SMK N 4 Yogyakarta. Dua jurusan (food & nutrition dan tourism) rencananya mereka akan melakukan studi bersama-sama dengan jurusan yang ada di SMK N 4 Yogyakarta, sedangkan yang berasal dari art/seni akan dititipkan di SMK N 5 Yogyakarta.

Day 1

Setelah menanti 30 menit dari waktu pesawat landing di bandara, akhirnya mereka keluar juga dari gerbang kedatangan internasional. Walaupun tidak ada pengalungan bunga dalam penyambutannya mereka kelihatannya senang sekali karena telah sampai di tempat tujuan. Setelah mengurus bagasi mereka dengan menempelkan nama mereka di masing-masing koper/tas untuk memudahkan ketika melakukan check in hotel. Karena mereka datang tepat pada jam makan siang maka segera kami jamu di restoran lemah ledok di daerah kalasan. Setelah selesai makan mereka kami bawa ke hotel untuk istirahat. Setelah malam tiba, sebenarnya kami ingin membawa mereka menikmati jogja dimalam hari untuk pertama kalinya tetapi ternyata mereka minta untuk tidak keluar malam itu karena masih ingin istirahat. Sehingga kami hanya membelikan makan malam untuk disantap dihotel.

di lemah ledok resto

Day  2nd

Hari kedua kebetulan adalah hari minggu, maka secara formal kami belum bisa memperkenalkan mereka kepada keluarga besar SMK N 4 Yogyakarta. Oleh karena itu acaranya kami ajak jalan-jalan ke objek wisata yang ada di jogja dan sekitarnya. Kunjungan pertama ke candi Prambanan dimana ojbek ini termasuk andalan propinsi DIY dalam menarik kunjungan wisatawan. Sebenarnya kunjungan ini bersamaan siswa UPW kelas XI melakukan Praktek Industri di candi prambanan sehingga kami berharap mereka yang memandu tamu tersebut tetapi setelah menghubungi salah satu siswa tetapi ternyata pada hari minggu mereka diliburkan oleh manajemen Candi Prambanan

                                                                              Menjelaskan di Candi Prambanan

Mereka sangat antusias ketika dijelaskan mengenai Candi Prambanan, walaupun banyak dari mereka yang tidak mengerti bahasa inggris tetapi ada satu guru yang bisa menggunakan bahasa inggris dan langsung menterjemahkan untuk yang lain. Tetapi sayang karena gempa pada tahun 2006, candi Shiva sebagai candi yang tertinggi di komplek ini tidak bisa dimasuki karena masih dalam renovasi.  Dari ketujuh tamu ini ternyata ada satu yang menyukai fotografi  yaitu Mr Peter, semua koleksi foto diatas diambil dari koleksinya.

Setelah puas mengambil foto di komplek candi utama kita langsung arahkan ke museum yang ada di candi prambanan. Setelah dari museum sebenarnya ada pertunjukan kesenian Jatilan, tetapi karena waktu sudah siang kita tidak bisa menikmati pertunjukan karena harus melanjutkan ke objek selanjutnya

Objek selanjutnya adalah perkebunan salak pondoh di Kabupaten Sleman, mungkin bagi sebagian orang indonesia buah salak tidak terlalu favorit dibandingkan buah durian, mangga, alpukat dan lain sebagainya tetapi bagi orang thailand buah salak indonesia menjadi salah satu buah yang disukainya. Sebenarnya tujuan di objek ini karena kebetulan salah saudara Ibu Yayuk (Humas) mengelola perkebunan salak pondoh, karen jalur ini dilewati ketika mau ke Borobudur jadi kita mampir untuk memetik buah salak.

Sebelum ke kebun salak

Setelah puas makan buah salak tujuan berikutnya adalah salah  satu keajaiban dunia yang berada di Indonesia yaitu Candi Borobudur. Setiap pengunjung yang masuk ke kawasan Candi Borobudur harus mengenakan kain/sarung yang telah disediakan oleh pengelola, tetapi karena hari itu sangat ramai walau hari sudah cukup sore, maka teman-teman dari Thailand ini sudah  tidak kebagian kain yang telah disediakan. Setelah puas mengeksplore dan mengambil foto, maka kami serombongan pulang ke jogja dan makan malam di Pondok Cabe di daerah Terban

 Di Borobudur

bersambung………..

Posted 14 Maret 2012 by Edi Sutriyono in SMK N 4 Jogja

Praktek Industri   Leave a comment

Kegiatan Praktek Industri (PI) ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 080/U/1993 Tentang Kurikulum SMK, bahwa SMK Negeri 4 menerapkan Pendidikan Sistem Ganda (PSG), salah satunya belajar di Dunia Usaha / Dunia Industri (DU/DI), yaitu  melaksanakan Praktik Industri pada lembaga / instansi / dunia usaha/ dunia kerja yang sesuai dengan Bidang  / Program keahlian  masing-masing, di badan /  lembaga     pemerintah  maupun swasta. Dengan dilaksanakan Praktek Industri diharapakan para siswa dapat mengaplikasikan materi-materi produktif (khususnya) yang telah didapat disekolah ke dunia kerja/industri.

Jurusan UPW bekerja sama dengan Dunia Usaha/industri dari  travel/BPW  dan Objek wisata (Prambanan dan Borobudur). PI mulai dilaksanakan pada tanggal 19 Desmber 2011-18 Pebruari 2012 (periode I) dan 23 Januari – 24 maret 2012 (Periode II). Berikut ini adalah nama-nama dari DU/DI yang menjadi partner jurusan UPW dalam pelaksanaan PI :

1. INDI TOUR & TRAVEL  (Jl. HOS Cokroaminoto N0 225 Yk)

2. PT ATA DESTINASI ASIA ( Jl Merbabu No 4, Sorowajan Baru)

3. TOTAL NUSA TOUR & TRAVEL

4. GRAMY SETYA MULYA TOUR & TRAVEL (Jl Solo Km 9 Maguwoharjo Sleman)

5. YUNIKA TOUR & TRAVEL (Ruko Perwita Regency)

6. PT SWEETY PESON A NUSANTARA (jl raya Seturan  172 Yk)

7.PT PRIMA SARANA WISATA (Jl Kerto 12 Muja Muju Yogyakarta)

8.PRAHASTIWI TOUR & TRAVEL (Jl Agus Salim No 5 Yk)

9.PT NAUTICA

10. PANNA ANGKASA (PASAR TIKET) (Jl Laksda Adisucipto No 51)

11.P.T NUANSA CERIA PESONA (Jl. Nagan Kulon No 15, Kadipaten, Kraton)

12. Andika Cakra Buwanan (Jl Godean Km 4 No 23 Nogotirto Gamping Sleman)

13. Mulia Tour & Travel (Jl Glagah Sari No 46B)

14 PT Mitra Persada Travelindo (Jl Pringgondani No 1, Mrican Baru)

15. PT Viergo Favourite (Jl Hayam Wuruk 37, Yogyakarta)

16. CV Nusa Tour & Travel (Jl Taman Siswa No 86, Yogyakarta)

17.Dll

Selain denga biro perjalanan diatas juga bekerja sama dengan PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko agar siswa dapat melakukan PI di objek wisata tersebut

Posted 12 Maret 2012 by Edi Sutriyono in Praktek industri

Uji Kompetensi   4 comments

Uji kompetensi tahun ajaran 2012/2012 SMK Negeri 4 Yogyakarta khususnya untuk jurusan Usaha Perjalanan Wisata dilaksanakan pada tanggal 02-08 Maret 2012. Materi yang di ujikan adalah guiding (Transfer in/out dan explain object), ticketinTransfer in/out simulationg dan tour planning. Untuk materi guiding siswa diharuskan menjelaskan salah satu objek wisata lokal dengan menggunakan bahasa inggris. Demikian juga ketika mensimulasikan kegiatan penjemputan tamu dari bandara kemudian check in hotel sampai mengantar tamu kembali ke bandara semua penjelasannya menggunakan bahasa inggris.

Asessor external adalah pertama  Bapk Subekti dari HPI Jogja untuk menguji siswa dalam menjelaskan salaExplain Objecth satu objek wisata dengan menggunakan bahasa inggris. Banyak para siswa yang memilih objek wisata Prambanan, Borobudur, Tamansari dan ada satu yang menjelaskan Gunung Merapi. Para siswa harus bekerja keras untuk menguasi meteri yang akan di presentasikan, dengan jadwal yang padat untuk anak kelas XII dituntut dapat mempersiapkan dirinya dengan baik. Uniform yang digunakan untuk uji ini para siswa menggunakan seragam lapangan yang bercorak batik.

Penguji kedua aadalah bapak Antok dari Total Nusa Tour and Travel untuk menguji materi ticketing baik domestik maupun internasional. Untuk Uji ini uniform yang digunakan adalah menggunakan seragam jas formal seperti untuk bekerja di kantor.Khusus untuk para siswi mereka diperkenankan untuk berdandan secantik-cantiknya, yang penting tidak berlebihan.

Penguji ketiga adalah Ibu Malia dari ATA Tour  and Travel, seragam yang digunakan sama ketika para siswa ikut uji ticketing. Untuk tour Planning para siswa harus dapat mengerjakan penyusunan tour itinerary.Dari menyusun harga sampai membuat brosur yang layak untuk di tawarkan kepada masyarakat luas.

Demikian sekilas kegiatan uji kompetensi siswa UPW SMK N 4 Yogyakarta, setelah ini mereka akan bersiap-siap menghadapi ujian USBN yang akan di mulai hari senin tanggal 12 maret 2012. Semangattttt……..

Posted 9 Maret 2012 by Edi Sutriyono in UPW Info

It’s My School   Leave a comment

SMK negeri 4 Yogyakarta merupakan salah satu SMK kelompok pariwisata di kota Yogyakarta. Awal tahun ajaran 2006/2007 SMK N 4 Yogyakarta mempunyai status baru sebagai Sekolah Rintisan Berstandart Internasional (RSBI).  Selanjutnya kami akan mengenalkan kepada anda tentang: Visi, Misi, Struktur Organisasi, Jurusan, Fasilitas, Prestasi, Partner Kerjasama kami dalam dunia pendidikan dan informasi lainnya. SMK Negeri 4 Yogyakarta mempunyai 7 Kompetensi  Keahlian yaitu:

  1. Kompetensi  Keahlian Akomodasi Perhotelan
  2. Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan  Wisata
  3. Kompetensi  Keahlian  BusanaButik
  4. Kompetensi Keahlian  Kecantikan Kulit
  5. Kompetensi Keahlian  Kecantikan Rambut
  6. Kompetensi Keahlian Jasa Boga
  7. Kompetensi Keaglian Patiseri

(Lebih lengkap jelajah saja di http://www.smkn4jogja.sch.id)

Posted 9 Maret 2012 by Edi Sutriyono in SMK N 4 Jogja