Kerja Sama SMK N 4 Jogja – Songkhla Vocational College   Leave a comment


Para tamu dan humas SMK n 4 Yk di Candi Prambanan

Dalam rangka kegiatan Sister School antara SMKN 4 Yogyakarta dengan Songkhla Vocational College/SVC ( Thailand) maka diadakan pertukaran guru dan siswa diatara kedua negara tersebut. Setelah SMK N 4 Yogyakarta mengirimkan guru dan siswanya pada bulan Desember 2011 dan sekarang giliran dari  SVC yang mengirimkan guru dan siswanya. sebagai tamu sekolah dari luar negeri SMK N 4 Yogyakarta yang dikoordinasikan oleh bagian Humas berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi mereka. Persiapan dilakukan dengan mekukan koordinasi dengan jurusan yang akan terlibat langsung dengan para tamu selama tinggal di SMK N 4 Yogyakarta.

Hari Sabtu tanggal 10 Maret 2012  dengan menggunakan penerbangan Air Asia dari Kuala Lumpur jam 13.30 wib mereka tiba di Bandara Internasional Adisucipto. Mereka berjumlah tujuh orang, terdiri dari dua guru dan lima siswa ada yang dari jurusan food and nutrition (boga), Tourism (UPW & AP) dan juga dari Art (Seni). Rencananya mereka akan tinggal dari tanggal 10 maret s/d 31 maret 2012 dan akan menginap di Edotel SMK N 4 Yogyakarta. Dua jurusan (food & nutrition dan tourism) rencananya mereka akan melakukan studi bersama-sama dengan jurusan yang ada di SMK N 4 Yogyakarta, sedangkan yang berasal dari art/seni akan dititipkan di SMK N 5 Yogyakarta.

Day 1

Setelah menanti 30 menit dari waktu pesawat landing di bandara, akhirnya mereka keluar juga dari gerbang kedatangan internasional. Walaupun tidak ada pengalungan bunga dalam penyambutannya mereka kelihatannya senang sekali karena telah sampai di tempat tujuan. Setelah mengurus bagasi mereka dengan menempelkan nama mereka di masing-masing koper/tas untuk memudahkan ketika melakukan check in hotel. Karena mereka datang tepat pada jam makan siang maka segera kami jamu di restoran lemah ledok di daerah kalasan. Setelah selesai makan mereka kami bawa ke hotel untuk istirahat. Setelah malam tiba, sebenarnya kami ingin membawa mereka menikmati jogja dimalam hari untuk pertama kalinya tetapi ternyata mereka minta untuk tidak keluar malam itu karena masih ingin istirahat. Sehingga kami hanya membelikan makan malam untuk disantap dihotel.

di lemah ledok resto

Day  2nd

Hari kedua kebetulan adalah hari minggu, maka secara formal kami belum bisa memperkenalkan mereka kepada keluarga besar SMK N 4 Yogyakarta. Oleh karena itu acaranya kami ajak jalan-jalan ke objek wisata yang ada di jogja dan sekitarnya. Kunjungan pertama ke candi Prambanan dimana ojbek ini termasuk andalan propinsi DIY dalam menarik kunjungan wisatawan. Sebenarnya kunjungan ini bersamaan siswa UPW kelas XI melakukan Praktek Industri di candi prambanan sehingga kami berharap mereka yang memandu tamu tersebut tetapi setelah menghubungi salah satu siswa tetapi ternyata pada hari minggu mereka diliburkan oleh manajemen Candi Prambanan

                                                                              Menjelaskan di Candi Prambanan

Mereka sangat antusias ketika dijelaskan mengenai Candi Prambanan, walaupun banyak dari mereka yang tidak mengerti bahasa inggris tetapi ada satu guru yang bisa menggunakan bahasa inggris dan langsung menterjemahkan untuk yang lain. Tetapi sayang karena gempa pada tahun 2006, candi Shiva sebagai candi yang tertinggi di komplek ini tidak bisa dimasuki karena masih dalam renovasi.  Dari ketujuh tamu ini ternyata ada satu yang menyukai fotografi  yaitu Mr Peter, semua koleksi foto diatas diambil dari koleksinya.

Setelah puas mengambil foto di komplek candi utama kita langsung arahkan ke museum yang ada di candi prambanan. Setelah dari museum sebenarnya ada pertunjukan kesenian Jatilan, tetapi karena waktu sudah siang kita tidak bisa menikmati pertunjukan karena harus melanjutkan ke objek selanjutnya

Objek selanjutnya adalah perkebunan salak pondoh di Kabupaten Sleman, mungkin bagi sebagian orang indonesia buah salak tidak terlalu favorit dibandingkan buah durian, mangga, alpukat dan lain sebagainya tetapi bagi orang thailand buah salak indonesia menjadi salah satu buah yang disukainya. Sebenarnya tujuan di objek ini karena kebetulan salah saudara Ibu Yayuk (Humas) mengelola perkebunan salak pondoh, karen jalur ini dilewati ketika mau ke Borobudur jadi kita mampir untuk memetik buah salak.

Sebelum ke kebun salak

Setelah puas makan buah salak tujuan berikutnya adalah salah  satu keajaiban dunia yang berada di Indonesia yaitu Candi Borobudur. Setiap pengunjung yang masuk ke kawasan Candi Borobudur harus mengenakan kain/sarung yang telah disediakan oleh pengelola, tetapi karena hari itu sangat ramai walau hari sudah cukup sore, maka teman-teman dari Thailand ini sudah  tidak kebagian kain yang telah disediakan. Setelah puas mengeksplore dan mengambil foto, maka kami serombongan pulang ke jogja dan makan malam di Pondok Cabe di daerah Terban

 Di Borobudur

bersambung………..

Posted 14 Maret 2012 by Edi Sutriyono in SMK N 4 Jogja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: